Selasa, 03 September 2013

KERAJINAN ANYAMAN

Pengertian Kerajinan
Kerajinan adalah suatu kegiatan masyarakat untuk terampil, cekatan dan cakap dalam pembuatan barang-barang untuk kebutuhan hidup.
Pengertian Anyaman
Anyaman adalah salah satu kegiatan masyarakat dalam membuat suatu barang kerajinan dengan cara susup menyusup atau silang menyilang antara pakan dan lungsi. Lungsi adalan pita atau daun anyaman yang berhadapan dengan si penganyam atau tegak lurus dengan si penganyam. Pakan adalah pita atau daun anyaman yang dilintaskan pada lungsi.

Teknik Menganyam

Teknik anyaman ada berbagai macam antara lain: 
  1. Anyaman tegak  adalah anyaman yang letak lusinya tegak lurus terhadap si penganyam, sedangkan pakannya sejajar dengan  si penganyam.
  2. Anyaman serong adalah anyaman yang lusi dan pakannya tegak lurus sesamanya, tetapi keduanya terletak menyimpang 450   ke kiri dan kanan terhadap si penganyam. Oleh karena sukar untuk membedakan lusi dan pakannya, biasanya masing-masing diberi istilah irki (iratan ke kiri) dan irka (iratan ke kanan).
  3. Anyaman Kombinas adalah anyaman perpaduan dari anyaman tegak dan anyaman serong  
  4. Anyaman Pita adalah anyaman yang dibuat hanya dalam beberapa jalur pita dan anyaman jadinya bersifat memanjang. 
  5. Anyaman melingkar adalah anyaman yang  lusi-lusinya merupakan jari-jari dan pakannya melingkar dari pusat ke arah luar.
  6. Anyam membelit atau palit adalah  anyaman  yang  pengerjaannya  dengan  membelitkan  bahan pakan pada bahan lusi dengan bergantian satu persatu.

Related Post



Related Post

1 komentar: